TUTORIAL MEMBUAT BALING-BALING ANIMASI BERGERAK DITAMAN



1. Buka aplikasi Macromedia Flash 8, buat layer Background, Awan, Tongkat, Matahari, Singa, Baling,Tombol dan Action. Lalu buat Frame pada angka ke-40



  2.  Buka kunci pada Layer Background, Buat Background sesuai keinginan, sebagai contoh dibawah ini, Kunci kembali Layer Background.


 
3. Buka Layer Matahari, Buat lingkaran matahari dengan Oval tool lalu beri warna kuning pada Fill color. Tempatkan matahari diluar Background lalu beri Insert Keyframe geser  matahari kearah dalam pojok kiri background dan beri Create Motion Tween.



4. Buka Layer Awan , buat gambar awan dengan Brush tool bentuk sesuai keinginan, beri Insert Keyframe geser  awan  kearah kiri sampai keluar background dan beri Create Motion Tween.



5. Buka Layer Tongkat, buatlah gambar tongkat dengan Rectangle tool dan beri warna.



6.  Buka Layer Baling, buat gambar baling-baling sesuai bentuk yang diinginkan dengan Oval Tool dengan lingkaran diameter dan baling-baling 4 buah dengan warna yang berbeda.



7.  Beri Insert Keyframe pada frame ke-10, putar baling dengan Free Transform Tool kearah kanan dan beri Create Motion Tween. Begitu juga seterusnya sampai ke Frame 40 dengan lipatan 10.



8. Buka Layer singa, import gambar beri satu persatu Insert Keyframe pada setiap gambar singa.



9.  Buka Layer Background, lalu buat papan tombol play dan stop sesuai keinginan, sebagai contoh berikut



10.  Buka Layer Tombol dan Action lalu buat tombol Play dan Stop dengan  Text Tool


11. Tekan Ctrl-f8 pada tombol Play, pilih Button ganti nama Play lalu di Ok





12. Klik dua kali pada tombol Play, Lalu beri Insert Keyframe untuk mengubah warna saat nanti akan diklik tombol, Lalu kembali ke Scene 1. Begitu juga dengan tombol Stop.



13.  Pada tombol Play beri Query pada  Action Button



14.  Pada tombol Stop  beri Query pada Action Button



15.  Selesai… Tekan Ctrl-Enter untuk menjalankan.


 











0 komentar:



Posting Komentar